Simple Template For Entertainment News


Tempat Informasi Kegiatan Kader DPC PKS Gajahmungkur


GALLERY


Rabu, 30 Desember 2009

Is This Your Best?

Anda tentu kenal dengan merk-merk ini: Samsung, LG, Yong Ma, Hyundai, Daewoo dan merk-merk elektronik besutan korea selatan lainnya. Belakangan Negeri ginseng itu bahkan akan merilis OS (system operasi) miliknya sendiri bernama `bada' untuk menguntit kebesaran Windows, MAC, dan Linux. Tentu ini upaya cerdas yang dilakukan industry korea untuk memback up produk handpone Samsung yang mulai merajai pasar.

Saya kadang tidak habis mengerti mengapa sekedar memperkenalkan batik sebagai kekayaan budaya nusantara, Negara kita begitu kelelahan bersusah payah alih-alih kita ingin bersaing dengan degara industry.
Saya jadi bertanya apa yang bisa menyebabkan Korea selatan bisa begitu maju selain karena ginseng yang mereka konsumsi.
Saya pernah berinteraksi dengan orang Korea, seorang karyawan biasa Korea yang berkerja di Indonesia. Ada satu kalimat yang disampaikan kepada saya yang bikin saya melakukan perubahan dalam diri saya.
Satu hari ketika saya menunjukkan hasil pekerjaan sya kepada dia, dia bertanya: "is this your best?"
Apakah ini hasil maksimal yang bisa anda kerjakan? Pertanyaan ini bikin dada sesak.
Dari segi tata krama tentu tidak semua orang Indonesia siap dengan pertanyaan singkat macam itu. Karena bila hasil pekerjaan itu tidak bagus dan jawaban kita adalah `Yes' maka nilai kualitas pekerjaan kita sebatas jawaban kita tersebut.
Namun bila jawaban kita `No' maka kita memiliki peluang untuk memperbaikinya dan meningkatkan kualitas pekerjaan kita. Dan tentu saja hal itu sekaligus meng `upgrade' kapabilitas kemampuan kita dalam berkarya. Ujung-ujungnya adalah nilai jual profesionalitas kita pasti membaik.
Dari sini saya menarik benang merah yang menjadi penyebab keberhasilan. Bisa jadi ada banyak orang di Korea Selatan yang berprinsip demikian: bertanya pada dirinya sendiri "is this your best?" sehingga tidak ada pekerjaan yang dihasilkan oleh orang-orang itu melainkan kualitas terbaik.
Kalau 200 juta orang Indonesia setiap habis selesai berkerja bertanya pada dirinya masing-masing: `is this your best?' saya sangat percaya, jangankan Korea Selatan, Amerika pun mampu kita tandingi.

Comments :

0 komentar to “Is This Your Best?”

Posting Komentar


Jadwal Sholat

 

Copyright © 2009 by DPC PKS Gajahmungkur Rindu Semarang Berubah Powered By Blogger Design by PKSGM-Team