Simple Template For Entertainment News


Tempat Informasi Kegiatan Kader DPC PKS Gajahmungkur


GALLERY


Kamis, 28 Januari 2010

PKS : Apa hubungannya membangun instalasi pengolahan air berdampak pada penghapusan bunga utang PDAM??

Direncanakan Menjadi Instalasi Pengolah Air PDAM yang Baru

BALAI KOTA - Pemkot mempersiapkan pembangunan instalasi pengolahan air sebagai tindak lanjut proyek Waduk Jatibarang. Nantinya, instalasi itu dibawahi PDAM Tirta Moedal dengan pengalokasian penyertaan modal Pemkot. Persiapan itu di antaranya pengadaan lahan senilai Rp 25 miliar.

Plt Sekda Harini Krisniati menjelaskan, salah satu manfaat pembangunan Waduk Jatibarang berupa sumber air baku mendorong Pemkot untuk memanfaatkannya dengan membangun instalasi pengolahan air.


Pembangunan instalasi itu diharapkan berdampak pada upaya penghapusan bunga utang PDAM yang mencapai Rp 240 miliar. ‘’Ada kesepakatan antara Pemerintah Pusat dan Pemkot terkait utang PDAM. Pemkot diminta untuk menyediakan lahan terkait rencana pembangunan instalasi pengolahan air,’’ katanya, Selasa (27/1).

Harini menjelaskan, komitmen Pemkot dan Pemerintah Pusat ini berdasar dokumen tertulis. Nantinya Pemkot akan melanjutkan rencana itu dengan mengajukan usulan Perda sebagai payung hukum penyertaan modal. Lahan yang direncanakan untuk dibebaskan itu di Manyaran, Banbankerep, Wonosari, Jatibarang, dan Kedungpane.
Perlu Konfirmasi Sementara itu Wakil Ketua Komisi B DPRD Kota Semarang, Ari Purbono meragukan komitmen Pemerintah Pusat dan Pemkot yang menyebut pembangunan instalasi pengolahan air terkait dengan penghapusan bunga hutang PDAM.

‘’Antara keduanya tidak ada kaitannya. Saya pikir apa hubungannya membangun instalasi pengolahan air berdampak pada penghapusan bunga utang PDAM,’’ katanya.

Untuk memastikannya, tandas Ari, perlu konfirmasi dengan Departemen Keuangan. Selain itu juga perlu adanya klarifikasi dengan Direksi PDAM.
Ditambahkan, bagaimana pun juga keberadaan instalasi pengolahan air pascarampungnya pembangunan Waduk Jatibarang beberapa tahun ke depan itu perlu.

Namun tetap perlu dipertimbangkan, apakah pengadaan lahan itu sudah menjadi prioritas pada 2010, mengingat pembangunan fisik waduk juga belum mulai. ‘’Kalau memang belum prioritas, pengadaan lahannya tidak harus tahun ini,’’ tandasnya.

Selama ini, PDAM Tirta Moedal untuk memenuhi suplai air ke pelanggan di Kota Semarang mempunyai sejumlah sumber air baku yang diolah di sejumlah lokasi. Instalasi tersebut antara lain IPA Pucanggading, IPA Kudu dan IPA Kaligarang. (H22,H54-87)

Comments :

0 komentar to “PKS : Apa hubungannya membangun instalasi pengolahan air berdampak pada penghapusan bunga utang PDAM??”

Posting Komentar


Jadwal Sholat

 

Copyright © 2009 by DPC PKS Gajahmungkur Rindu Semarang Berubah Powered By Blogger Design by PKSGM-Team