Simple Template For Entertainment News


Tempat Informasi Kegiatan Kader DPC PKS Gajahmungkur


GALLERY


Rabu, 24 Februari 2010

Pilwalkot Semarang : Maksimal Hanya Lima Pasangan Calon

Semarang, Kompas - Komisi Pemilihan Umum Semarang memastikan hanya akan ada maksimal lima pasangan calon yang akan berkompetisi dalam Pemilu Wali Kota Semarang 2010. Perhitungan berdasarkan perolehan suara partai politik pada Pemilu Anggota DPRD Kota Semarang 2009, tidak mungkin ada lebih dari lima pasangan calon.

Sebelumnya, dipastikan lima pasangan calon akan mendaftar ke KPU Kota Semarang. Namun, masih ada satu bakal calon yang akan mendaftar. Anggota KPU Kota Semarang Abdoel Khaliq, Selasa (23/2), mengungkapkan, "Tidak mungkin ada lebih dari lima calon. Pasti ada satu bakal pasangan calon yang tidak memenuhi syarat."


Sementara, Ketua Aliansi 22 Parpol Plus, Achmad Sulchan, menyampaikan, pihaknya tetap akan mendaftarkan pasangan Mur Aris Sutoto-Helvis Endang Priyadi, Rabu (24/2) ini. Meskipun 13 parpol yang sebelumnya tergabung dalam Aliansi telah mundur dan mendukung Golkar, Sulchan optimistis pihaknya masih memiliki peluang. "Tinggal nanti bagaimana keputusan KPU. Yang pasti, kami memiliki bukti bahwa parpol-parpol itu mendukung kami," ujar Sulchan.

Khaliq menjelaskan, parpol yang sudah menyatakan dukungan ke salah satu calon yang telah didaftarkan, tidak dapat menarik dukungannya. Namun, bila KPU mendapat informasi berbeda langsung dari DPP parpol yang bersangkutan, KPU akan mengklarifikasi informasi tersebut.

Parpol atau gabungan parpol berhak mengajukan calon jika perolehan suara minimal 15 persen atau perolehan kursi DPRD Kota Semarang minimal sembilan kursi.

Pada Selasa (23/2), pasangan Harini Krisniati-Ari Purbono didaftarkan ke KPU Kota Semarang. Pasangan calon ini diusung Koalisi Merah Putih, yaitu gabungan

Partai Keadilan Sejahtera dan Partai Gerindra. Total kursi DPRD Kota Semarang yang dimiliki Koalisi Merah Putih adalah 10 kursi, yaitu 6 kursi PKS dan 4 kursi Gerindra.

Sebelum ke KPU Kota Semarang, Harini-Ari diarak dari Pasar Bulu dengan iring-iringan pergelaran seni khas Semarang. Harini menyatakan telah resmi mendapatkan izin cuti dari Wali Kota Semarang sejak Selasa (23/2). "Namun, saya harus menyelesaikan beberapa tugas hingga Kamis (25/2)," kata Harini. (uti/*)

Comments :

0 komentar to “Pilwalkot Semarang : Maksimal Hanya Lima Pasangan Calon”

Posting Komentar


Jadwal Sholat

 

Copyright © 2009 by DPC PKS Gajahmungkur Rindu Semarang Berubah Powered By Blogger Design by PKSGM-Team